Masih ingat dengan program kampanye Kemenpar yang dotsemarang publish di sini? Program yang mengajak pengguna media sosial, terutama Twitter untuk menyerukan dan mempromosikan destinasi wisata selama lebaran berlangsung.
Lebaran telah usai, meski semangatnya masih tersisa. Karena penasaran bagaimana kampanye ini berakhir juga, dotsemarang membuat statistik sederhana berikut ini dengan tagar PesonaLebaranSemarang.
Waktu
Data ini menggunakan alat sederhana yang banyak ada di Internet. Tanggal yang diambil mulai dari 3 Juli - 12 Juli 2016. Karena alat yang digunakan begitu sederhana, maka data yang diperoleh juga tidak begitu maksimal.
Statistik
Selama periode tersebut, jumlah kicauan tagar PesonaLebaranSemarang ada diangka 193 tweet. Paling banyak beredar pada tanggal 8 Juli 2016.
Beberapa akun yang terlibat seperti @indtravel, @VisitJawaTengah, @IniJateng, @TentangSMG, @seputar_smg, @pemkotSemarang dan beberapa lainnya.
Untuk hashtag yang juga ikut terlibat selain #PesonalebaranSemarang adalah #PesonaLebaranJateng, #LebaranDiJateng, #PesonaLebaran, #KotaSemarang, #Bandungan, #EventLebaranSemarang dan sebagainya.
Apa yang dibicarakan?
Karena tagar yang digunakan tentang kota Semarang, tentu nama-nama tempat wisata akan disebut. Termasuk kuliner khas Semarang. Namun nama-nama tempat wisata yang disebut juga tidak begitu banyak, bahkan kawasan Kota Lama Semarang hanya sebuah postingan dari web berita nasional.
Beberapa nama tempat wisata dan kuliner seperti Klenteng Sam Poo Kong, Lumpia Semarang, Tahu Petis, Umbul Sidomukti, Bandungan, Lawang Sewu, Simpang Lima, Tongseng Kepala dan Sate Kambing pak Amat, dan Kota Lama Semarang (tempat selfie).
Akun yang terlibat
Sangat disayangkan sekali bahwa dotsemarang ternyata tidak ikut terlibat dalam penyebaran hashtag PesonaLebaranSemarang. Beberapa akun yang terlibat dengan jumlah pengikut paling banyak adalah @indtravel, @JuyloveBali, @VisitJawaTengah, @tenganSMG dan @BelitungLebaran.
Sedangkan untuk jumlah hashtag paling banyak digunakan ada @Ini_Jateng (5), @VisitJawaTengah (5), @JatengTwit (4), @BelitungIklan (3), dan @taufan09.
...
Terlihat tidak maksimal memang, ini karena program kampanye lebaran baru pertama kali digunakan sekarang. Andai tahun depan kembali digunakan, Kemenpar harus memiliki sesuatu yang lebih dari dari tahun ini.
Ketidakterlibatan dotsemarang bukan karena sengaja atau sebaliknya, yang pasti dotsemarang sudah mempublish kampanye tersebut lewat blog.
Untuk dipahami sebelumnya, data ini diambil dengan tools/alat sederhana yang tersedia gratis di Internet. Sehingga data yang disampaikan tidak maksimal. Nama toolsnya ada ditaruh di slideshare di atas.
Artikel terkait :
- Kemenpar Kampanye Tagline Pesona Lebaran : Ada Semarang Salah Satu Destinasinya
- [Statistik Blog] Juni 2016
- [Review] Karnaval Dugderan 2016
- Ini Sumber Lalu Lintas yang Harus Ditaklukkan Blogger
- Lainnya
Informasi Kerjasama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar